Sabtu, 11 Oktober 2025

Follow us:

infobrand
11th INFOBRAND

Trade Expo Indonesia 2025, Ajang Strategis Dorong Ekspor Nasional

Trade Expo Indonesia 2025 ajak pelaku usaha tingkatkan ekspor lewat pameran internasional terbesar di ICE BSD, 15–19 Oktober 2025.

Trade Expo Indonesia 2025, Ajang Strategis Dorong Ekspor Nasional Pameran dagang internasional TEI 2025 di ICE BSD menjadi ajang strategis promosi ekspor Indonesia.

INFOBRAND.ID, Jakarta - Kementerian Perdagangan kembali mengajak pelaku usaha Indonesia untuk berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia 2025 (TEI 2025), pameran dagang internasional terbesar di tanah air. Gelaran ke-40 ini akan berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten, pada 15–19 Oktober 2025.

Baca juga:

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Fajarini Puntodewi, menegaskan pentingnya keikutsertaan pelaku usaha dari berbagai skala.

IKLAN INFOBRAND.ID

IBOS EXPO 2025

“Dengan ribuan peserta dan buyer yang terus meningkat setiap harinya, TEI 2025 membuka peluang produk Indonesia untuk menemukan peminatnya di pasar global. Strategi ini merupakan komitmen nyata bahwa ekspor tidak hanya untuk pelaku usaha besar, tetapi juga untuk pelaku usaha di desa dan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM),” kata Puntodewi dalam keterangan pers yang diterima (30/9).

Mengusung tema “Discover Indonesia’s Excellence: Trade Beyond Boundaries”, hingga 29 September 2025, tercatat 1.015 peserta pameran dan 6.847 buyer dari 106 negara telah mendaftar. TEI 2025 menargetkan 1.500 peserta dan 30.000 pengunjung, serta capaian transaksi senilai USD 16,5 miliar. Puntodewi menambahkan,

“Buyer yang mendaftar telah melampaui target dan setiap harinya masih terus bertambah. Kami menyambut para pelaku usaha Indonesia untuk memanfaatkan kesempatan ini sebagai ajang unjuk diri memamerkan produk-produk terbaiknya.”

IKLAN INFOBRAND.ID

TOP INNOVATION CHOICE AWARD 2025

Inovasi dan Dukungan Pelaku Industri

TEI 2025 dilaksanakan secara luring tanpa dana APBN, memberikan kesempatan bagi buyer untuk melihat dan mencoba langsung produk lokal. Tahun ini, TEI menghadirkan inovasi melalui stan “Desa Orientasi Ekspor” dan “Paviliun UMKM Berani Inovasi, Siap Adaptasi (BISA) Ekspor”, serta mekanisme pra-business matching untuk memperkuat potensi transaksi.

Pameran dibagi ke dalam tiga zona utama:

  1. Makanan, Minuman, Produk Pertanian, Lisensi, dan Waralaba
  2. Manufaktur dan Jasa
  3. Fesyen, Gaya Hidup, dan Dekorasi Rumah

Selain pameran, akan digelar berbagai kegiatan pendukung seperti seminar, talk show, workshop, business matching, business counselling, courtesy call, hingga penandatanganan MoU dagang.

IKLAN INFOBRAND.ID

JASA PRESS RELEASE

Sebagai perbandingan, TEI 2024 menghadirkan 1.460 peserta, 41.488 pengunjung, dan mencatatkan transaksi USD 22,73 miliar dari 8.042 buyer.

Dukungan dari Berbagai Pihak

Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri, Denny Abdi, menyampaikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan TEI 2025.

“TEI bukan hanya menjadi ajang jual beli, melainkan juga merupakan kesempatan untuk memperkenalkan Indonesia ke dunia. Dari transaksi dagang, peluang investasi, hingga promosi pariwisata dapat dimulai di TEI 2025. Maka, penting bagi kita sebagai tuan rumah untuk menghadirkan pengalaman positif bagi buyer mancanegara,” ujarnya.

Bank Mandiri juga turut berperan sebagai official bank partner. Heru Rizky Jiwayani, Government Business Head Bank Mandiri, menjelaskan,

“Sebagai official bank partner, Bank Mandiri menghadirkan layanan Korpra by Mandiri dan program dan Kopra Beyond Border untuk memudahkan transaksi perdagangan internasional yang cepat, aman dan efisien. Dukungan perbankan dapat memperkuat daya saing Indonesia di pasar global.”

Selain menghadirkan Kopra by Mandiri dan Kopra Beyond Border, Bank Mandiri juga menyediakan berbagai layanan trade finance dan program pendampingan ekspor-UMKM.

Sementara itu, Vibiadhi Swasti Pradana dari PT Debindo Multi Adhiwasti menuturkan bahwa produk-produk terbaik Indonesia akan dipamerkan di tujuh hall ICE BSD, didukung oleh 116 media partner dan kerja sama dengan lebih dari 30 hotel bagi buyer internasional.

Baca juga:

TEI 2025 juga akan memberikan Media Award dan Loyal Exhibitor Award sebagai bentuk apresiasi terhadap kontribusi media dan peserta pameran. Penyelenggaraan tahun ini mendapat dukungan dari Bank Mandiri, Pertamina, BPDP Kelapa Sawit, serta asosiasi seperti Kadin, LPEI, dan Apindo.


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV