Senin, 13 Oktober 2025

Follow us:

infobrand
11th INFOBRAND

INFOBRAND.ID Gelar The 31st INFOBRAND FORUM 2025: Mengupas Strategi Branding Menjadi Top of Mind

INFOBRAND.ID Gelar The 31st INFOBRAND FORUM 2025: Mengupas Strategi Branding Menjadi Top of Mind The 31st INFOBRAND FORUM 2025, sebuah forum strategis yang menghadirkan insight berharga dari ahli di bidang pemasaran, akademisi, dan praktisi brand terkemuka.

INFOBRAND.ID – Dalam lanskap bisnis yang semakin kompetitif, setiap perusahaan dan brand mencari cara untuk menempatkan diri di posisi terdepan. Namun, tidak banyak yang benar-benar mampu menembus benak konsumen dan menjadi Top of Mind, sebuah posisi strategis yang bukan sekadar tentang dikenal, tetapi tentang bagaimana perusahaan dan brand yang dipercaya, diingat, dan selalu menjadi pilihan pertama dibandingkan kompetitor. 

Namun untuk menjadi Top of Mind tidak lah semudah membalikkan telapak tangan. Diperlukan strategi khusus bahkan jangka panjang, untuk membangun identitas dan citra merek yang kuat dan konsisten, serta menyajikan kualitas produk/layanan yang unggul, serta memberikan pengalaman pelanggan yang istimewa di hati konsumen. 

Di era digital, untuk menjadi Brand Top of Mind juga semakin menantang, diperlukan strategi pemasaran yang kreatif dan efektif, ditambah dengan pemanfaatan media sosial, dan kolaborasi dengan influencer, juga semakin penting untuk meningkatkan visibilitas, dan membangun keterikatan dengan audiencs. 

IKLAN INFOBRAND.ID

IBOS EXPO 2025

Untuk menjawab tantangan tersebut, INFOBRAND.ID bersama TRAS N CO Indonesia dan Indonesia Brand Community (IBC) menghadirkan The 31st INFOBRAND FORUM 2025, sebuah forum strategis yang menghadirkan insight berharga dari ahli di bidang pemasaran, akademisi, dan praktisi brand terkemuka. Mengusung tema “Strategi Branding Menjadi Brand Top of Mind”, seminar ini akan dipaparkan oleh Prof. Agus W. Soehadi, Ph.D. (Professor of Marketing & Guru Besar Universitas Prasetiya Mulya), forum ini diharapkan membuka wawasan dan memberikan bekal praktis bagi para pelaku bisnis, pengelola merek, dan para pemimpin perusahaan.

Dalam pemaparannya, Prof. Agus W Soehadi menyampaikan, dalam era persaingan yang sangat ketat dan pasar yang semakin beragam, menjadi “Top of Mind” tidak lagi cukup hanya dengan tampil berbeda. Dulu, perbedaan warna saja bisa membuat brand menonjol, tetapi kini semua pemain tampil beragam. Karena itu, perusahaan perlu strategi yang lebih cerdas dan berkonsep kuat agar bisa menonjol di tengah kompetisi.

Ada dua hal utama yang penting untuk dikelola. Pertama Tipping Point – momen strategis yang bisa mendorong lonjakan popularitas brand. Contohnya, brand seperti Erigo berhasil melejit setelah memperoleh perhatian publik lewat momen besar, seperti kunjungan Presiden Jokowi. Kedua, konsep yang Kuat dan Unik – bukan sekadar mengikuti tren, tetapi memiliki identitas dan nilai yang membedakan dari kompetitor. Tanpa konsep yang kuat, brand mudah tenggelam dalam persaingan, terutama di industri lifestyle seperti F&B, fashion, atau skincare.

IKLAN INFOBRAND.ID

TOP INNOVATION CHOICE AWARD 2025

Selain itu, brand perlu fokus pada continuous innovation, bukan sekadar continuous improvement. Di masyarakat digital yang berubah cepat, inovasi harus dilakukan dengan melibatkan pihak luar — seperti konsumen, komunitas, dan mitra — agar ide berkembang lebih cepat dan relevan.

Untuk melewati titik loncatan (tipping point) dan memperkuat posisi di pasar, beberapa strategi penting meliputi: Cultural Relevance: memahami budaya dan karakter target market agar brand terasa dekat dan relevan. Scarcity & Exclusivity: menciptakan produk atau edisi terbatas untuk memunculkan rasa FOMO (fear of missing out), terutama bagi generasi muda seperti Gen Z. Digital Native Distribution: memanfaatkan platform digital seperti TikTok dan media sosial untuk memperkuat komunikasi dengan audiens digital. Dan Authentic Storytelling: membangun narasi yang orisinal dan sesuai dengan nilai serta budaya brand, bukan sekadar meniru kompetitor.

Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia juga menambahkan, membangun perusahaan dan brand yang kuat harus dimulai dari pembentukan reputasi yang unggul. Di era digital, masyarakat menilai perusahaan tidak hanya dari produk atau jasa, tetapi juga dari aktivitas digital, interaksi dengan karyawan, manajemen, dan pelanggan. Karena itu, corporate brand perlu dikelola dengan baik agar dipercaya publik.

IKLAN INFOBRAND.ID

JASA PRESS RELEASE

Untuk mencapai reputasi unggul, perusahaan perlu memperhatikan beberapa dimensi penting: Orientasi pada pelanggan – fokus pada kepuasan dan kebutuhan pelanggan sebagai sumber utama pendapatan. Kualitas produk dan layanan – memastikan pengalaman pelanggan selalu positif agar unggul di tengah persaingan. Stabilitas keuangan – kinerja finansial yang sehat menjadi dasar kepercayaan publik. Tanggung jawab sosial dan lingkungan (SDGs) – menjadi isu strategis yang diperhatikan stakeholder. Rekomendasi pelanggan (advocacy) – dorongan positif dari pelanggan menjadi faktor penting penguatan reputasi. Kehadiran digital dan inovasi – penting di era digital untuk memperkuat citra dan engagement perusahaan.

Di sisi digital, kehadiran online (digital presence) melalui situs resmi dan media sosial kini menjadi keharusan. Konsumen menilai reputasi melalui komentar, ulasan, dan pemberitaan digital. Karena itu, digital engagement, experience, dan inovasi menjadi kunci reputasi modern.

Di momen istimewa ini, INFOBRAND.ID dan TRAS N CO Indonesia, juga menghadirkan penghargaan bergengsi dan prestisius kepada perusahaan-perusahaan dan brand-brand unggul, dan memenangkan hati masyarakat dan konsumen Indonesia.

Penghargaan pertama, BRAND INDONESIA EXCELLENCE AWARD 2025, penghargaan bergengsi yang diberikan kepada brand-brand Indonesia yang berhasil mempertahankan kinerja bisnis, membangun citra positif, serta memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan dunia usaha dan perekonomian Indonesia. Penghargaan ini dianugerahkan berdasarkan hasil riset dan penilaian yang dilakukan dengan pendekatan digital research, mengacu kepada tiga parameter penilaian: Brand Awareness Aspect, Business Performance Aspect, & Brand Image Aspect.

Kedua, TOP CORPORATE AWARD 2025, penghargaan yang diberikan kepada perusahaan– perusahaan Emiten tercatat di Bursa Efek Indonesia, yang berhasil membangun corporate brand dan membangun kinerja keuangan yang unggul dan positif di Indonesia. Penghargaan diberikan kepada perusahaan yang telah lolos riset Top Corporate Indeks 2025, yang mengacu pada tiga kriteria penilaian; Digital Corporate Brand Awareness Aspect, Asset & Revenue Aspect, dan Nett Profit Aspect. 

Ketiga, TOP EXECUTIVE AWARD 2025, apresiasi dan penghargaan bergengsi yang diberikan kepada President Director / Direktur Utama terbaik dari perusahaan-perusahaan di Indonesia yang telah berhasil memimpin dan mengelola perusahaan dalam meningkatkan awareness, revenue, profit dan dividen perusahaan. Penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil riset dan penilaian Top Executive Indeks 2025 menggunakan tiga parameter penilaian; Revenue & Revenue Growth Aspect, Nett Profit & Profit Growth Aspect, dan Dividen Aspect. 

Dan keempat, TOP CORPORATE IMPACT AWARD 2025 FOR SME EMPOWERMENT, Sebuah penghargaan nasional yang dianugerahkan kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia yang telah menunjukkan kontribusi nyata, berdampak besar dalam mendukung pertumbuhan serta pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Penghargaan diberikan melalui riset Top Corporate Impact Indeks 2025 berdasarkan tiga parameter utama, yaitu; SME Empowerment Program, Corporate SME Support, dan Impact on SMEs. 

Adapun peraih penghargaan untuk masing-masing penghargaan adalah; 

Top Corporate Award 2025, ada PT Dharma Polimetal Tbk, PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk, PT Humpuss Maritim Internasional Tbk, PT PP Presisi Tbk, PT Darya-Varia Laboratoria Tbk, PT Superior Prima Sukses Tbk, PT Bank Amar Indonesia Tbk, dan PT Metrodata Elektronics Tbk. 

Selanjutnya peraih Top Executive Award 2025 ada; Bapak Suwito Mawarwati, sebagai Direktur Utama PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk, dengan predikat Great Leader of The Year. Bapak Tirta Hidayat, Direktur Utama PT Humpuss Maritim Internasional Tbk, dengan predikat Great Leader of The Year. Bapak Vishal Tulsian, Presiden Direktur PT Bank Amar Indonesia Tbk, dengan predikat Great Leader of The Year. Bapak Susanto Djaja, Presiden Direktur PT Metrodata Electronics Tbk, dengan predikat Excellent Leader of The Year. Bapak dr. Ian Martin Wibawa Kloer, Presiden Direktur PT Darya-Varia Laboratoria Tbk, dengan predikat Great Leader of The Year. Dan untuk peraih Top Corporate Impact Award 2025 sendiri ada PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk dan PT Bank Pembangunan Daerah Bali. 

Sementara untuk Brand Indonesia Exellence Award 2025, ada brand Depo Air Minum Biru, Mochi Mochio, dan Viva Apotek. Selanjutnya peraih Brand Choice Award for Health & Beauty 2025 ada Brand Polident dengan kategori Perekat Gigi Palsu. Dan Peraih Penghargaan Pertama Di Indonesia, ada Brand GENDES, sebagai Sweet Aromatic Feminine Hygiene Pertama Di Indonesia.(***) 


Tag: -

Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV