Ahad, 28 September 2025

Follow us:

infobrand
11th INFOBRAND

INFOBRAND.ID Gelar Indonesia Digital Marketing Summit 2025 dengan Tema Becoming A Leading Brand in Digital Era

Posted by: Agus Aryanto | 16-09-2025 18:15 WIB | 184 views

INFOBRAND.ID Gelar Indonesia Digital Marketing Summit 2025 dengan Tema Becoming A Leading Brand in Digital Era Indonesia Digital Marketing Summit 2025, sebuah forum strategis yang menjadi wadah berbagi insight, pengalaman dari para pakar pemasaran, akademisi, hingga praktisi brand.

INFOBRAND.ID – Menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat di era digital, kehadiran brand di kanal digital saja sudah tidak lagi cukup. Tantangan sesungguhnya adalah bagaimana brand mampu menghadirkan strategi yang relevan, terukur, dan berpusat pada pemahaman mendalam terhadap perilaku konsumen.

Karena hanya dengan memahami apa yang diinginkan, dibutuhkan, dan bagaimana konsumen mengambil keputusan, sebuah brand dapat menyusun strategi bisnis, mengembangkan produk, dan menghadirkan layanan yang mampu meningkatkan keterpilihan, kepuasan, hingga loyalitas pelanggan.

Menjawab tantangan tersebut, INFOBRAND.ID sebagai media brand dan bisnis, bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia dan Indonesia Brand Community (IBC) menghadirkan Indonesia Digital Marketing Summit 2025, sebuah forum strategis yang menjadi wadah berbagi insight, pengalaman dari para pakar pemasaran, akademisi, hingga praktisi brand. 

IKLAN INFOBRAND.ID

IBOS EXPO 2025

Mengusung tema “Becoming A Leading Brand in Digital Era”, Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc., Guru besar Sekolah Bisnis IPB University dan pakar perilaku konsumen terkemuka di Indonesia, dalam seminarnya berjudul “Consumer Behavior in The Digital Era; a Marketing Strategy Perspective” mengungkapkan definisi perilaku konsumen adalah, apa yang kita beli, untuk apa, dan dengan siapa. Dalam konteks digital, ketika perilaku tersebut direpresentasikan di ranah ecommerce, dan platform digital lainnya, maka sudah bisa dikategorikan sebagai perilaku konsumen di era digital.

Lebih lanjut Prof. Ujang mengungkapkan, ada beberapa perilaku konsumen di era digital meliputi; online shopping, social media engagement, search for information, utilization of digital coupons, content consumption, feedback & reviews, user generated contect, brand interaction, loyalty program, mobile shopping, participation in online communication, watching unboxing or tutorial videos. Selanjutnya following influencers, clicking affiliate link, engaging in community forum, receiving push notifications, subscription and user of apps and digital product, privacy & security practices, digital payment & checkout, dan reading and writing product reviews.  

“Setelah kita memahami perilaku konsumen di era digital tersebut, implikasinya adalah kita bisa memanfaatkan pengetahuan tersebut, untuk membangun marketing strategi. Karena hampir semua marketing strategi, itu berlandaskan pemahaman perilaku konsumen,” jelas Prof. Ujang, dalam pemaparan yang disampaikan dalam Indonesia Digital Marketing Summit 2025 dengan Tema Becoming A Leading Brand in Digital Era, Senin (15/9/2025). 

IKLAN INFOBRAND.ID

TOP INNOVATION CHOICE AWARD 2025

Sementara itu, nara sumber kedua, Tri Raharjo., SE., MM., CPR., CDMS., CEO TRAS N CO Indonesia dan Chairman Indonesia Brand Community (IBC), dalam seminarnya berjudul “Becoming a Leading Brand in Marketplace” menyampaikan, marketplace saat ini menjadi motor utama pertumbuhan e-commerce di Indonesia. 

Dalam pemaparannya, Tri Raharjo menjelaskan, Leading Brand adalah merek yang menjadi pilihan utama konsumen. Itu dapat terwujud ketika sebuah brand memiliki diferensiasi yang jelas, kepercayaan konsumen yang kuat, dan tingkat loyalitas tinggi. Konsumen bukan hanya membeli, tapi juga mengingat, memilih ulang, dan merekomendasikan brand tersebut.

“Keberhasilan brand di marketplace bisa diukur dengan indikator utama, yakni Market share di kategori produk, Brand choice score sebagai indikator seberapa sering dipilih, Online reputation index dari rating & review pelanggan, dan Customer retention rate untuk mengukur loyalitas,” ungkap Tri Raharjo. 

IKLAN INFOBRAND.ID

JASA PRESS RELEASE

Lebih lanjut Tri Raharjo menjelaskan, ada beberapa aspek yang menentukan Brand Leading antara lain; Product Differentiation & Innovation, Strong Digital Brand Equity, Storefront Experience, Winning with Search Algoritm, Data-Driven Marketing, Pricing & Promotion Strategy, dan Digital Services Quality. 

“Satu hal lagi yang sangat powerfull adalah berkolaborasi dengan influencer dan KOL, untuk membantu menghadirkan storytelling yang otentik,” jelas Tri Raharjo. 

Di momen istimewa ini, INFOBRAND.ID bersama TRAS N CO Indonesia juga memberikan apresiasi dan penghargaan bergengsi kepada brand-brand yang telah sukses meraih kepercayaan dan menjadi brand pilihan konsumen Indonesia, melalui ajang penghargaan prestisius Brand Choice Award Special Achievement, yakni; Brand Choice Award for Mom & Kids 2025, Brand Choice Award for Health & Beauty 2025, dan Brand Choice Award for Home & Living 2025. 

Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID menjelaskan, Brand Choice Award Special Achievement merupakan apresiasi dan pengakuan bergengsi kepada brand-brand Nasional dan lnternasional di kategori special, yakni; Kebutuhan lbu & Anak,  kategori produk kesehatan dan kecantikan, dan di kategori produk home & living. Penghargaan diberikan karena brand sukses memasarkan produknya melalui marketplace di Indonesia, dan telah berhasil menjadi brand pilihan konsumen di kategori masing-masing. 

Para Peraih penghargaan Brand Choice Award 2025 Special Achievement for Mom & Kids, Health & Beauty, dan Home & Living, diberikan berdasarkan riset yang mengukur tiga parameter penilaian, yaitu; Digital Brand Awareness Aspect, Brand Choice Aspect & Social Media Aspect.

Adapun brand-brand peraih penghargaan di masing kategori adalah; 

Untuk Brand Choice Award for Health & Beauty 2025; Mama’s Choice untuk kategori Nipple Cream, WRP untuk kategori Healthy Snack, Mlen Diary untuk kategori Extension Lashes, Sinocare untuk kategori Alat Cek Gula Darah, dan Dermatix Ultra untuk kategori Krim Penghilang Bekas Luka. 

Untuk Brand Choice Award for Mom & Kids 2025; BerryC untuk kategori Patch Anti Nyamuk, Purela untuk kategori Facial Wash Kids, Nafa Baby untuk kategori Kasur Bayi, Morinaga Chil-Kid Platinum untuk kategori Susu Formula 1-3 Tahun, dan Transpulmin untuk kategori Baby Balm. 

Dan untuk Brand Choice Award for Home & Living 2025; Gaabor untuk kategori Air Fryer, Dekkson untuk kategori Handle Pintu, Dreame untuk kategori Robot Vacuum Cleaner, Turu untuk kategori Springbed, Simbadda untuk kategori Soundbar, ISKU untuk kategori Kunci T, Kunci L dan Palu, Mesin HL untuk kategori Coffee Grinder, MODENA untuk kategori Water Heater, dan Prokleen untuk kategori Pemutih Pakaian. 

“Selain itu ada juga peraih Brand Choice Award 2025 (Reguler), yakni Ecentio untuk kategori Termos,” tutup Tri Raharjo.(***)


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV