Brand Indonesia Semakin Unggul, INFOBRAND.ID Gelar INFOBRAND Forum 2025
Posted by: Zeinal Wujud | 01-08-2025 14:18 WIB | 738 views
INFOBRAND.ID hadirkan INFOBRAND Forum 2025 dan anugerahkan Brand Indonesia Excellence Award 2025 untuk brand lokal unggul di era Gen Z dan Alpha.

INFOBRAND.ID, Jakarta - Dalam beberapa tahun terakhir brand-brand Indonesia mulai menunjukkan peningkatan daya saing yang menggembirakan. Sejumlah brand di berbagai kategori sukses mendominasi pasar domestik dan bahkan menembus pasar ekspor, menunjukkan bahwa merek Indonesia semakin digemari di pasar lokal dan diakui di pasar global.
Yang menarik dari perkembangan brand-brand Indonesia, tak luput dari tren pasar yang semakin didominasi oleh kelompok usia muda, terutama Milenial dan Gen Z, sebagai kelompok produktif yang melek digital. Semakin diliriknya brand-brand Indonesia juga menunjukkan bahwa produk yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan dan harapan generasi sekarang.
Baca juga:
- Solusi Tepat Atasi Batuk Pilek Anak, Combiphar Hadirkan OB Combi Baru
- Dengar Masukan Konsumen, Brand Milik Tasya Farasya Repackaging Lip Tint
Turut mendorong perkembangan brand Indonesia, INFOBRAND.ID sebagai media brand dan bisnis menghadirkan The 30th INFOBRAND FORUM 2025, forum berkumpul dan bertemunya para pengelola brand untuk sharing knowledge, sharing experience dan networking dengan sesama pengelola brand. Mengangkat tema “Successfully Managing Brand for Gen Z and Alpha”, yang akan disampaikan oleh Silih Agung Wasesa, CEO Konner Advisory, diharapkan memberikan wawasan yang semakin mendalam dalam memenuhi kebutuhan pasar secara relevan.
Dalam pemaparannya, Silih menyatakan bahwa generasi muda bukan ‘generasi stroberi’ yang lemah dan sensitif, melainkan kelompok konsumen yang cerdas dan penuh tuntutan nilai. Mereka hanya menuntut kejujuran, koneksi nyata, dan nilai yang berdampak.
“Jika brand Anda berani jujur dan relevan—mereka akan jadi pendukung paling militan,” tegas Silih.
Silih juga menyebutkan bahwa generasi muda memiliki standar tinggi terhadap brand yang mereka dukung. Mereka tidak tertarik pada janji kosong dan gimmick marketing. Mereka mencari yang paham akan nilai dan bersedia tumbuh bersama dalam menciptakan dampak positif.
Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID menambahkan, sebagai media brand dan bisnis yang selama ini aktif mendorong perkembangan brand lokal, menghadirkan forum ini sebagai ajang berbagi pengetahuan dan pengalaman antar pengelola brand, sekaligus membuka ruang kolaborasi antar pelaku industri. Acara ini menjadi tempat strategis untuk menjawab tantangan era digital, sekaligus memahami karakteristik generasi muda sebagai konsumen utama masa depan.
Sejalan dengan misi tersebut, INFOBRAND.ID bersama TRAS N CO Indonesia yang merupakan perusahaan riset dan konsultan brand terkemuka, memberikan penghargaan Brand Indonesia Excellence Award 2025, sebagai bentuk apresiasi kepada brand-brand lokal yang berhasil unggul dalam membangun popularitas, keterpilihan, dan kepuasan konsumen secara digital.
Penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil riset dan penilaian yang dilakukan pada Februari hingga April 2025, dengan pendekatan Digital Research. Penilaian dilakukan terhadap kinerja brand di mesin pencari dan official online store di dua marketplace teratas Indonesia. Tiga aspek utama digunakan dalam penilaian, yaitu Digital Brand Asset, Digital Brand Awareness, dan Digital Consumer Review & Rating.
Beberapa brand lokal yang berhasil meraih penghargaan bergengsi ini antara lain: Polini, Scarlet Racing, Scelta, Noera By Reisha, HSD, CuddleMe, in-Lite, DAP, Brasov, Momogi, Montiss, dan No Void Minds. Keberhasilan brand-brand ini menjadi bukti nyata bahwa kekuatan digital dan pemahaman terhadap kebutuhan generasi muda adalah kunci utama dalam membangun brand yang relevan dan berkelanjutan.
Baca juga:
- Halo Eloise: Tas Lokal Simpel yang Siap Curi Perhatian
- Bihunku Gandeng JKT48, Incar Pasar Gen Z dan Gen Alpha
Generasi Z dan Alpha kini menjadi standar baru yang harus dijawab oleh para pemilik brand. Mereka bukan hanya konsumen, melainkan mitra dalam menciptakan ekosistem brand yang lebih autentik dan berdampak. Oleh karena itu, brand yang ingin bertahan dan berkembang di masa depan harus mampu memahami nilai-nilai generasi ini, serta berani membangun koneksi yang bermakna.